Ad Code

Responsive Advertisement

Makna Surat Al-Fil



Surat Al-Fil

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ


A lam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?


أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيلٍ


A lam yaj’al kaidahum fī taḍlīl

2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?


وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ


Wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl

3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,


تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ


Tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,


فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ


Fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl

5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).


Surat Al-Fil (bahasa Arab: الْفِيل) adalah surat ke-105 dalam Al-Qur'an. Surat ini mengisahkan tentang peristiwa penyerangan terhadap Ka'bah di Makkah oleh pasukan gajah pada masa sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah beberapa makna yang terkandung dalam Surat Al-Fil:


1. Kekuasaan Allah: Surat Al-Fil mengajarkan bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan yang tak terbatas atas segala sesuatu, termasuk kekuasaan untuk mengalahkan pasukan gajah yang datang menyerang Ka'bah. Ayat pertama menyatakan, "Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Tuhanmu telah berbuat terhadap pasukan gajah?"


2. Perlindungan Allah terhadap Ka'bah: Surat Al-Fil menunjukkan bahwa Allah SWT melindungi Ka'bah dari segala bentuk bahaya dan ancaman. Ayat kedua dan ketiga menyatakan, "Dan Dia yang telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia, dan Dia yang telah mengirimkan kepada mereka burung Ababil yang melemparkan kepada mereka batu dari tanah liat yang dibakar."


3. Ketegasan Allah terhadap orang-orang yang durhaka: Surat Al-Fil mengajarkan bahwa Allah SWT akan menegakkan keadilan-Nya dan memberikan balasan yang setimpal kepada orang-orang yang durhaka. Ayat keempat dan kelima menyatakan, "Maka Allah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia, dan Allah mengirimkan kekalahan kepada mereka. Dan Allah melindungi Ka'bah itu."


Surat Al-Fil mengajarkan umat Islam tentang kekuasaan Allah yang tak terbatas dan perlindungan-Nya yang meliputi segala aspek kehidupan. Surat ini juga menunjukkan betapa Allah SWT menegakkan keadilan-Nya terhadap orang-orang yang durhaka. Dengan memahami dan mengamalkan ajaran Surat Al-Fil, umat Islam diharapkan dapat menghormati dan berserah diri kepada kekuasaan Allah SWT, serta menjaga dan memuliakan tempat-tempat suci seperti Ka'bah.

Posting Komentar

0 Komentar