Ad Code

Responsive Advertisement

Makna Surat Al-Humazah


Surat Al-Humazah

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ


Wailul likulli humazatil lumazah

1. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,


ٱلَّذِى جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُۥ


Allażī jama’a mālaw wa ‘addadah

2. yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,


يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُۥٓ أَخْلَدَهُۥ


Yaḥsabu anna mālahū akhladah

3. dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,


كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ


Kallā layumbażanna fil-ḥuṭamah

4. sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.


وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحُطَمَةُ


Wa mā adrāka mal-ḥuṭamah

5. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?


نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ


Nārullāhil-mụqadah

6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,


ٱلَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى ٱلْأَفْـِٔدَةِ


Allatī taṭṭali’u ‘alal-af`idah

7. yang (membakar) sampai ke hati.


إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ


Innahā ‘alaihim mu`ṣadah

8. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,


فِى عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍۭ


f=Fī ‘amadim mumaddadah

9. (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.


Surat Al-Humazah (bahasa Arab: الهمزة) adalah surat ke-104 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari tujuh ayat. Surat ini menggambarkan sifat dan akibat buruk dari perilaku pemfitnah dan penghina. Berikut adalah beberapa makna yang terkandung dalam Surat Al-Humazah:


1. Peringatan terhadap Pemfitnah dan Penghina: Surat Al-Humazah memberikan peringatan tentang bahaya dan akibat yang menimpa mereka yang suka memfitnah dan menghina orang lain. Ayat pertama dan kedua menyatakan, "Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya".


2. Merusak Reputasi dan Kepercayaan: Surat Al-Humazah menggambarkan bahaya pemfitnah dan penghina dalam merusak reputasi dan kepercayaan orang lain. Ayat ketiga dan keempat menyatakan, "Dia mengira bahwa hartanya dapat menghidupkannya selama-lamanya. Tidak! Sungguh, dia akan dilemparkan ke dalam Hutamah."


3. Hukuman Allah bagi Pemfitnah dan Penghina: Surat Al-Humazah menegaskan bahwa Allah SWT akan memberikan hukuman yang setimpal kepada mereka yang suka memfitnah dan menghina. Ayat kelima dan keenam menyatakan, "Dan tahukah kamu apa Hutamah? Itu adalah api yang sangat panas."


4. Pentingnya Menjaga Lisan dan Perilaku: Surat Al-Humazah mengingatkan umat Islam akan pentingnya menjaga lisan dan perilaku mereka agar tidak terjatuh dalam perilaku pemfitnah dan penghina. Surat ini menyerukan agar umat Islam senantiasa berbicara dengan kata-kata yang baik dan menghindari menghina atau memfitnah orang lain.


Surat Al-Humazah mengajarkan umat Islam tentang bahaya dan akibat negatif yang timbul dari perilaku pemfitnah dan penghina. Surat ini juga menegaskan bahwa Allah SWT akan menghukum mereka yang melakukan tindakan tersebut. Dengan memahami dan mengamalkan ajaran Surat Al-Humazah, umat Islam diharapkan dapat menjaga lisan dan perilaku mereka, menghindari perilaku negatif seperti pemfitnah dan penghina, serta berupaya membangun kebaikan dan harmoni dalam hubungan dengan sesama.

Posting Komentar

0 Komentar