Ad Code

Responsive Advertisement

Makna Surat Az-Zalzalah



Surat Az-Zalzalah

إِذَا زُلْزِلَتِ ٱلْأَرْضُ زِلْزَالَهَا


Iżā zulzilatil-arḍu zilzālahā

1. Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),


وَأَخْرَجَتِ ٱلْأَرْضُ أَثْقَالَهَا


Wa akhrajatil-arḍu aṡqālahā

2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,


وَقَالَ ٱلْإِنسَٰنُ مَا لَهَا


Wa qālal-insānu mā lahā

3. dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”,


يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا


Yauma`iżin tuḥaddiṡu akhbārahā

4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,


بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا


Bi`anna rabbaka auḥā lahā

5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.


يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ ٱلنَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا۟ أَعْمَٰلَهُمْ


Yauma`iżiy yaṣdurun-nāsu asytātal liyurau a’mālahum

6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,


فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ


Fa may ya’mal miṡqāla żarratin khairay yarah

7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.


وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ


Wa may ya’mal miṡqāla żarratin syarray yarah

8. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.



Surat Az-Zalzalah (bahasa Arab: الزلزلة) adalah surat ke-99 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 8 ayat. Surat ini menggambarkan guncangan besar pada Hari Kiamat dan akibatnya terhadap manusia dan alam semesta. Berikut adalah beberapa makna yang terkandung dalam Surat Az-Zalzalah:


1. Hari Kiamat sebagai Hari Pembalasan: Surat Az-Zalzalah mengingatkan manusia akan datangnya Hari Kiamat yang penuh dengan guncangan hebat dan keruntuhan. Ayat pertama dan kedua menyatakan, "Pada hari bumi digoncangkan dengan goncangannya yang hebat, dan bumi akan mengeluarkan berat beban-berat beban (yang ada di dalamnya)."


2. Pentingnya Amal Perbuatan: Surat ini menekankan pentingnya amal perbuatan yang baik dalam kehidupan manusia. Ayat ketiga dan keempat menyatakan, "Dan manusia berkata, 'Apakah yang terjadi dengan bumi ini?' Pada hari itu bumi menceritakan beritanya."


3. Pengungkapan Amal Perbuatan: Surat Az-Zalzalah mengajarkan bahwa pada Hari Kiamat, amal perbuatan manusia akan diungkapkan dan dipertanggungjawabkan. Ayat kelima dan keenam menyatakan, "Pada hari itu manusia akan keluar dari kubur-kubur, dengan perantaraan amal perbuatan mereka yang selama ini mereka lakukan."


4. Pentingnya Amal Kecil dan Besar: Surat ini mengajarkan bahwa setiap amal perbuatan, baik yang kecil maupun besar, akan dihitung dan diberi bobot pada Hari Kiamat. Ayat terakhir menyatakan, "Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya."


Surat Az-Zalzalah mengajarkan umat Islam tentang kekuasaan Allah SWT dan penghakiman-Nya yang adil pada Hari Kiamat. Surat ini juga mengingatkan manusia akan pentingnya melakukan amal perbuatan baik, baik yang besar maupun kecil, karena semua amal perbuatan akan dihitung dan mempengaruhi akhirat mereka. Dengan memahami dan mengamalkan ajaran Surat Az-Zalzalah, umat Islam diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mereka akan akhirat, menguatkan keimanan dan amal perbuatan mereka, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi pembalasan yang adil dari Allah SWT pada Hari Kiamat.

Posting Komentar

0 Komentar